Tips dan Trick Mengatasi Laptop Terkena Air
Halo gaes, apa kabs???
Kali ini aku akan berbagi tips dan trick mengenai bagaimana mengatasi laptop yang kena air.
Pernah nggak sih kalian ketika sedang asik menggunakan laptop di suatu cafe, terus tanpa sengaja ada yang numpahin teh es di laptop kalian? Aku pernah. Yap, rasanya kesel banget.

Tapi daripada kalian kesel terus marah-marah ke orang yang numpahin teh es itu mendingan kalian langsung cepat menangani laptop yang sudah basah kuyup tersiram teh es tadi. Nah berikut ini adalah cara yang harus banget kalian lakukan:
  1. Ketika air tumpah ke laptop kalian yang sedang menyala atau aktif, dimungkinkan air berinteraksi dengan kabel serta komponen sehingga konslet cepat terjadi. Sebelum hal itu terjadi segera matikan laptop kalian dan balik sampai air keluar. Dan yang paling penting lagi adalah segera lepas baterai dari tempatnya.
  2. Jangan pernah  kalian coba-coba untuk menyalakan laptop ketika bagian baterai dan tempat baterai sudah terkena air. Apalagi jika langsung mencolokkannya ke arus listrik bisa-bisa malah terjadi konslet dan berakibat kerusakan yang lebih parah.
  3. Nah, jika bagian baterai dan tempat baterai sudah ikut terkena air, segeralah keringkan dengan lap kering. Saat mengelap perhatikan pada bagian kutub plus-minus baterai yang umumnya berbentuk logam berwarna kuning berkilau. Ngelapnya harus hati-hati jangan sampai merusaknya.
  4. Diamkan atau keringkan laptop yang terkena air tadi dengan cara dikipasin di depan kipas angin. Saat proses pengeringan, jangan hidupkan laptop kalia, boleh coba dihidupkan tapi denga syarat minimal sudah 10 jam dikeringkan. 
  5. Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, segeralah rujuk laptop kalian ke tukang servis laptop terdekat. Karena kita manusia hanya bisa berusaha, dan tukang servis laptop yang menentukan apakah laptop masih bisa disembuhkan atau tidak hehe.
Yap, itulah tips dan trick bagaimana cara mengatasi laptop yang terkena air berdasarkan pengalaman pribadi penulis. Semoga bermanfaat.

Reviews:

Post a Comment

Indra's Blog © 2014 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com

Contact us

Powered by Blogger.