Tips Masuk Perguruan Tinggi


Ciyeee yang udah pada kelar UN. Gimana rasanya? Enak toh? Hahaha…
Pada kesempatan kali ini gue pengen berbagi tips gimana caranya agar kalian semua bisa diterima masuk ke Perguruan Tinggi idaman. Btw, sebelumnya gue pengen nanya udah pada nentuin mau masuk jurusan mana apa belum? Karena patut untuk diketahui pemilihan jurusan kuliah yang sesuai dengan passion kita sangat krusial jangan sampai kalian salah masuk jurusan lalu menyesal di akhir. Ibarat keyk lo ditembak cowok yang nggak bener-bener lo suka terus lo terima yang ujung-ujungnya cuma bisa bikin lo menyesala atas pilihan tersebut.


Kenapa memilih jurusan sesuai passion kita itu penting? Karena menurut gue, kuliah itu adalah tempat dimana kita bener-bener menempa diri untuk menghadapi kerasnya hidup di masa yang akan datang. Untuk itu kita harus memiliki bekal ilmu yang bener-bener sesuai dengan passion dan kita sangat suka dengan hal itu.

Gimana sih caranya nentuin milih jurusan yang sesuai dengan passion kita? Mungkin pertanyaan ini adalah pertanyaan paling mainstream bagi sebgaian kalangan ABG-ABG SMA yang baru kelar UN. Cara paling mudah untuk mengetahui jurusan kuliah apa yang paling cocok dengan passion kita adalah dengan melihat seberapa excited-nya elo dengan jurusan itu, seberapa penasarannya elo dengan bidang itu, pilih bidang mana yang paling membuat elo merasa tertantang. Pilih jurusan yang bener-bener jadi muara ilmu pengetahuan yang ingin lo tekuni sampai akhir hayat lo.


Dan yang paling penting jangan pernah elo milih jurusan karena tuntutan orang tua, karena yang menjalani itu bukan orang tua tapi diri lo sendiri. Beda halnya kalo elo tertarik dengan suatu jurusan dan orang tua lo support mati-matian, nah kalo yan ini jangan sampai lo sia-siain :D

Nah, berdasarkan pengalaman gue dalam menerjang kerasnya persaingan SBMPTN lo harus nyiapin strategi yang mateng. Yang paling utama adalah dengan mempersiapkan diri dengan belajar materi-materi yang bakal diujikan di SBMPTN, lo bisa nyari refrensi pembahasan soal SBMPTN di internet atau apalah.

 

Selain belajar juga harus teliti dalam menempatkan calon Perguruan Tinggi di daftar pilihan Perguruan Tinggi yang lo pilih. Caranya adalah dengan memilih Perguruan Tinggi yang realistis aja, maksdunya pilih Perguruan Tinggi yang peluang kita untuk bisa masuk ke situ cukup besar, jangan muluk-muluk, lo harus sadar diri juga dengan kemampuan lo. Jangan terlalu memaksakan.


Dan yang jangan sekali-kali lo lupain adalah teruslah berdoa dan berihtiar. Asal lo tau dulu perjuangan gue untuk bisa lulus SBMPTN penuh dengan peluh dan derai tangis air mata. Peluh saat gue ngerjain soal-soal yang tidak berperikesoalan, dan air mata saat gue menangis memohon kepada Tuhan untuk kelancaran segala urusan gue. Dan berkat itu semua gue pun berhasil masuk ke salah satu Perguruan Tinggi yang ada di kota gue.

Sekian, good luck everyone!

Reviews:

Post a Comment

Indra's Blog © 2014 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com

Contact us

Powered by Blogger.